Menulis dengan tulisan yang sesuai kaidah, termasuk menggunakan kata-kata baku, memang diperlukan dalam beberapa hal. Beberapa sumber yang bisa jadi 'contekan' sebenarnya sudah disediakan secara gratis oleh Badan Bahasa, untuk mengaksesnya bisa lihat di artikel Mau Belajar Bahasa Indonesia agar Tulisanmu Sesuai Kaidah? Siapkan 3 Bahan Gratis Ini. Namun, banyak juga yang mengeluh kalau sedang sibuk dan riweuh mengerjakan tugas, harus bolak-balik buka kamus dan PUEBI yang tentu membuat waktu menjadi kurang efektif. Belum lagi kalau kita bahkan belum tahu letak kesalahannya di mana saat menulis.

Tenang, semua keluhan tersebut kini ada solusinya! Dulu saya sempat mengandai-andai, andai saja ada aplikasi yang bisa bantu melacak dan mengedit tulisan kita dalam bahasa Indonesia. Alhamdulillah saat ini terkabulkan. Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda sekaligus bertepatan dengan puncak perayaan Bulan Bahasa dan Sastra, pada tanggal 28 Oktober 2021, Sipebi resmi diluncurkan. 


Apa Itu Sipebi?

Sipebi adalah akronim dari Aplikasi Penyuntingan Ejaan Bahasa IndonesiaSeperti namanya, Sipebi diperuntukkan khusus penyuntingan/pengeditan ejaan. Jadi, kita bisa melacak kesalahan penulisan kata yang tidak baku, kesalahan penggunaan kata hubung dan tanda baca, juga melacak kata yang ambigu. Selain melacak, aplikasi ini juga menawarkan solusi dengan langsung mengoreksi kesalahan-kesalahan tersebut yang disertai dengan analisis kesalahannya. Cukup memudahkan kita, bukan?


Cara Menggunakan Sipebi

Sipebi saat ini baru bisa digunakan di Windows, yang kebanyakan bisa kita akses melalui laptop. Dari informasi yang saya dapatkan di laman Kemdikbud, Sipebi untuk Windows Operating System (OS) dijalakan menggunakan .NET Framework 4.6.2 yang datang bersamaan dengan Windows 10 1607, yaitu Windows 10 edisi keluaran Juli 2016 ke atas. Bagaimana untuk yang masih menggunakan edisi sebelum itu? Tenang, laman tempat mengunduh Sipebi sudah menyisipkan tautan menginstal .NET Framework 4.6.2 yang langsung diteruskan ke halaman resmi Microsoft. Jadi, kita langsung pergi ke halaman unduh Sipebi, yuk!


Download Sipebi

Untuk yang ingin unduh Sipebi, bisa langsung pergi ke laman https://kbbi.kemdikbud.go.id/Aplikasi#unduh-sipebi-windows. Nanti akan muncul seperti gambar di bawah ini. Untuk yang sudah upgrade Windows, bisa langsung klik Unduh Sipebi. 

Unduh Sipebi (klik gambar untuk memperjelas)

klik gambar untuk memperjelas

Setelah mengunduh Sipebi, akan tampil berkas zip seperti ini.

hasi unduh Sipebi (klik gambar untuk memperjelas)

Pilih sipebi.exe yang tipe application, ya. Nanti akan langsung muncul aplikasinya seperti pada gambar berikut. 

tampilan muka Sipebi (klik gambar untuk memperjelas)

Kamu tinggal klik masuk (tidak perlu daftar-daftar), dan aplikasinya bisa langsung digunakan!

klik gambar untuk memperjelas

Laman aplikasi akan tampak seperti ini. Lima widget sebelah kiri atas (yang saya kotakkan) secara berurutan adalah: 

a. muat teks asli dari fail pada komputer (Ctrl+O); 
b. Sunting teks menggunakan Sipebi (Ctrl+Enter);
c. Bersihkan lembar kerja (Ctrl+Delete);
d. Simpan teks perbaikan (Ctrl+S);
e. Buka hasil analisis teks (Ctrl+/).


Mulai Menyunting

Untuk mulai menggunakan tulisan yang akan disunting, kamu bisa langsung tulis atau copy-paste dari lembar kerja kamu di bagian Teks Asli . Jika ingin dari file, kamu bisa klik widget buka (di keterangan a) atau (Ctrl+O). Namun, sayangnya, saat ini Sipebi baru bisa menginput dokumen yang berekstensi Text Document, jadi belum bisa menginput dari Microsoft Word. 

klik gambar untuk memperjelas

Melihat Hasil Penyuntingan

Jika sudah menulis di teks asli, bisa klik widget sunting (di keterangan b) atau (Ctrl+Enter) untuk melihat hasil penyuntingan. Nanti hasilnya akan seperti ini.

klik gambar untuk memperjelas

Melihat Hasil Analisis Suntingan

Untuk melihat bagian mana saja yang salah dan dikoreksi, bisa klik widget analisis (di keterangan e) atau (Ctrl+/). Nanti hasilnya akan seperti gambar berikut.

klik gambar untuk memperjelas

Saran saya, setiap melakukan penyuntingan, klik bagian analisis ini. Dengan begitu, kita bisa melihat mana saja bagian yang salah, yang sudah dikoreksi, ataupun yang disarankan untuk dikoreksi (jadi belum terkoreksi secara otomatis). Untuk menyusur kata yang salah tersebut, kamu bisa klik widget biru sebelah kanan, seperti gambar berikut.

klik gambar untuk memperjelas

Karena masih untuk penyuntingan ejaan, hingga saat ini Sipebi belum bisa digunakan untuk mengoreksi kalimat secara gramatikal (subjek, predikat, ojek, kalimat tidak efektif, dan lain-lain). Kita doakan semoga aplikasi ini bisa makin berkembang dan up to date, juga tentunya makin memudahkan kita. 

Setelah membaca tutorial barusan, terlihat mudah, bukan? Yuk praktik sekarang agar tulisanmu bisa tipis-tipis diedit sebelum ketemu dosbing atau atasan. Hihi.

Related Posts