Es Cendol Durian Bang Kibo (dok. pribadi)

Saat mudik ke rumah orang tua, salah satu jajanan khas yang wajib dibeli adalah jajanan berbahan dasar durian atau jajanan dengan komposisi durian sebagai ciri khasnya. Di Pekanbaru sendiri, jajanan yang beberapa di antaranya juga sebagai oleh-oleh adalah kue talam durian, kripik sanjay durian, roti jala kuah durian, bolu kemojo rasa durian, dan es cendol durian. 

Untuk es cendol durian, Mama punya rekomendasi khusus dan sudah langganan dengan teman-teman circle-nya, yakni Es Cendol Durian Bang Kibo atau yang biasa disingkat CLBK. Es CLBK berlokasi di Jalan Balam Ujung, Kampung Melayu, Pekanbaru. Santapan segar ini disebut-sebut sebagai es cendol durian favorit warga. Bahkan, meskipun selalu ramai pengunjung, Es Cendol Durian Bang Kibo tidak memiliki cabang di mana pun, untuk mempertahankan rasa yang unik dan otentik.

dok. pribadi

dok. pribadi

Tempat yang disediakan bagi para penikmat es cendol durian cukup luas, yakni adanya bagian teras atau halaman depan dan terdapat pula satu ruangan. Di sini, kita juga bisa menikmati es cendol biasa (tanpa durian) dengan harga 10 ribu. Sementara itu, untuk es cendol durian sendiri, dibandrol dengan harga 17 ribu per porsi. Di dalam satu mangkuk es cendol durian sudah terdapat topping, yakni ketan putih, emping, dan susu (tertera dalam menu). Namun, kemarin saya juga seperti merasakan adanya kuah gula merah yang cukup kental.

dok. pribadi

dok. pribadi

Untuk satu porsi es cendol durian, dihidangkan tiga butir durian utuh dan berdaging! Bukan durian "abal-abal" yaa yang biasanya dagingnya terlalu tipis dan tak manis hehe. Durian yang saya makan kemarin cukup legit dan tidak pahit. Menurut saya, harga 17 ribu untuk hidangan tiga butir durian+cendol+topping, sudah worth to buy, ya. Untuk isi cendol dalam satu porsi pun sudah termasuk cukup banyak dan enak. Namun, karena saya memiliki penyakit maag, gabungan antara durian dan ketan ternyata tidak cukup ramah di perut. Setelah menyantap kesegaran es cendol durian, perut saya jadi kembung dan agak perih. Untuk berjaga-jaga, bagi yang memiliki lambung sensitif, bisa adjust tanpa ketan.

dok. pribadi

Salah satu hal yang membuat nilai plus dari es cendol ini adalah sudah adanya label halal MUI yang telah terdaftar. Tentu ini membuktikan bahwa pemilik usaha kuliner memperhatikan kualitas, kepuasan konsumen, dan kehati-hatian. 

Bagi yang ingin berkunjung ke Es Cendol Durian Bang Kibo, kamu bisa datang siang dan sore hari, ya. Waktu yang sangat cocok saat cuaca Pekanbaru sedang bandel-bandelnya, eh panas-panasnya. Tapi jangan kemagriban juga! Saat itu, kami datang pukul setengah lima sore dan bisa dikatakan detik-detik es cendol akan habis. Di jadwal yang tertera dari instagram @cendoldurianbangkibo, tempat ini buka dari pukul 11 pagi hingga pukul 6 magrib. 

Untuk kamu yang hendak berkunjung ke kota bertuah dan ingin menikmati kesegaran es cendol dicampur buah durian, boleh coba mampir ke es CLBK~     


Related Posts